Sabtu, 23 Oktober 2010

Suzuki Sdn Bhd Luncurkan Smash V115

Suzuki Smash

SHAH ALAM, 22 Oktober 2010 - Suzuki Asemblers Malaysia Sdn Bhd, Kamis (21/10) meluncurkan generasi terbaru motor bebek Suzuki Smash V115. Suzuki Malaysia mematok target Smash anyar itu bisa terjual 1.200 unit saban bulannya. 

Seperti dilansir kantor berita Bernama dan dikutip thestar.com, Jumat (22/10) Toru Kobayashi, Managing Director Suzuki Malaysia mengatakan Smash generasi paling gres itu menggunakan mesin dengan desain baru.
Selain irit, kata Kobayashi, tingkat emisi gas buang mesin baru itu lebih rendah. Tenaga yang dihaslikan pun lebih besar dengan tingkat getaran yang semakin minim.

Di negeri jiran itu ditawarkan dalam tiga varianm yaitu basic, SD, dan premium SD. Masing-masing dibanderol RM 4,368, RM 4,597, dan RM 4,847 atau sekitar Rp 12,43, Rp 13,08 dan Rp 13,79 juta.

Suzuki mengklaim Smash baru itu mampu melesat hingga 97,8 kilometer per jam. Akselerasi dari posisi diam ke jarak 200 meter dicapai dalam waktu 13,29 detik.

Ihwal konsumsi bahan bakar, Suzuki mengaku hasil pengujian internatl mereka menunjukkan satu liter bahan bakar untuk 50,2 kilometer (km). Rata-rata konsumsi motor pesaing, kata Suzuki Malaysia, hanya 40,5 km per liter.

Laman cbt.com, menyebut Sasis motor bebek anyar itu menggunakan material yang lebih rigid, kuat namun ringan. Bentuk jok dirancang sesuai dengan desain sasis. Tinggi jok juga dibuat lebih rendah ketimbang generasi sebelumnya, sehingga memudahkan pengendara.

Penyempurnaan yang dilakukan Suzuki juga terlihat pada tombol lampu sein, klakson, starter elektrik, serta tombol choke. Walhasil pengoperasian tombol tersebut lebih mudah, cukup dengan sentuhan lembut.
Lampu utama dan lampu kombinasi di belakang telah menggunakan multi reflektor. Kapasitas bagasi kini lebih besar, 8 liter.

Saklar pengapian kini menggunakan teknologi pencegahan pencurian. Suzuki menggunakan magnet untuk membuka-menutupnya.

Ubahan lainnya terlihat di bagian cockpit. Speedometer kini menggunakan desain anyar yang menarik dengan mengadopsi bentuk jam tangan sport, angka penunjuk pun dibuat lebih besar sehingga lebih mudah dibaca.

Motor bermesin 112,8 cc, 4-stroke ditawarkan dalam empat varian warna. Masing-masing, Candy Summer Red, Pearl Vigor Blue, New Titan Black, serta Pearl Mirage White.

Sumber :http://rajufebrian.wordpress.com/2010/10/22/suzuki-sdn-bhd-luncurkan-smash-v115/


Pentastar V6, Mesin Baru Chrysler

Chrysler Pentastar V6

MICHIGAN, 22 Oktober 2010 - Chrysler Group, Kamis (21/10) mengumumkan akan mengganti mesin 13 model besutannya dengan mesin Pentastar V6. Selain memiliki tenaga besar, rendah emisi, mesin baru itu diklaim irit bahan bakar.

“Mesin itu sangat cocok untuk semua jenis kendaraan, termasuk mobil penumpang maupun sport yang memerlukan mesin yang irit tetapi sangat bertenaga,” tutur Bob Lee, Wakil Direktur Rekayasa Mesin Chrysler seperti dilansir automotivenews.com, Jumat (22/10).

Untuk tahap awal, Pentastar V6 anyar dipasang di Jeep Grand Cherokee 2011. Selanjutnya, 13 model lain akan menyusul. Total ada tujuh varian mesin V6 yang akan digantikan Pentastar V6 baru itu. Proses penggantian ditargetkan rampung pada 2014 mendatang.

Pabrikan asal Amerika Serikat itu mengklaim mesin Pentastar V6 baru lebih irit 25 persen ketimbang mesin yang digunakan oleh produknya saat ini. “Mesin tersebut dirancang untuk memenuhi kebutuhan saat ini maupun beberapa tahun yang akan datang,” papar Lee.

Chrysler telah memangkas bobot mesin. Jumlah komponen pun dibabat dari 189 menjadi 32 unit. Walhasil selain ringan, lebih ringkas juga irit bahan bakar.

Total beratnya, lebih ringan 94 pound ketimbang mesin 3.700 cc yang disandang Jeep Grand Cherokee generasi lawas dan 42 pound dibanding mesin 3.500 cc sedan Chrysler 300 model lama.

Ihwal tenaga yang dihasilkan Chrysler menyebut bervariasi. “Yang pasti tenaga bertambah besar dan irit bahan bakar,” tandas pabrikan itu.

Chrysler pun menyodorkan satu bukti, yaitu mesin Pentastar V6 berkapasitas 3.600 cc yang kini disandang Grand Cherokee model 2011. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 305 daya kuda atau meningkat 55 daya kuda dibanding mesin generasi sebelumnya.

Tak cuma itu. Konsumsi bahan bakarnya pun lebih irit. Di jalanan kota mencapai 18 mil per galon (mpg) atau 7,6 kilometer per liter (kpl) dan 26 mpg atau 10,95 kpl di jalan bebas hambatan.

Yang pasti, dengan mesin baru itu Chrysler ingin memenuhi kebutuhan konsumen yaitu mobil yang irit bahan bakar, rendah emisi, sekaligus bertenaga besar.

Sumber : http://rajufebrian.wordpress.com/2010/10/23/pentastar-v6-mesin-baru-chrysler/


Kawasaki Perkenalkan Z750R

Berita menarik bagi pengemar Kawasaki, terutama sepeda motor kelas menengah berat. Si Ijo memperkenalkan wajah baru Z750, yaitu Z750R,  yang dijuluki supernaked bike. Ya, moge yang memamerkan keseksian tubuhnya sehingga tulang-tulang alias rangka dan mesinnya tak perlu ditutup malah ditongolkan!

Peluncuran akan dilakukan pada "Carole Nash Motorcycle Live" di Brimingham, Inggris, November, sekaligus debutnya di depan publik secara resmi.

Penampilan Z750R dinilai lebih sporty dari pendahulunya. Tambahan “R” di belakang sesuai dengan perubahan yang dilakukan pada rem dan knalpot. Mesin sendiri tidak diutak-atik.

Bagian lain yang mendapat sentuhan—untuk meningkatkan kenyamanan—adalah komponen sasis, garpu depan yang bisa disetel secara penuh, shock dan lengan ayun belakang baru dari aluminium, rem depan radial dengan slang stainless steel dianyam (braided). Selain itu, juga ditawarkan ABS sebagai opsional.

Untuk memberi kesan penampilan yang lebih segar, juga dilakukan sentuhan desain pada tameng depan, indikator, dan sandaran kaki. Posisi setang juga dimantapkan agar pengendara memperoleh kenyamanan yang lebih baik saat memacunya. Sayang Kawasaki belum mau memberitahukan harganya. Hanya ditambahkan, ada beberapa pilihan warna khusus dengan jumlah terbatas.

"Z750R adalah paket impresif. Dirancang ulang agar kinerja rem dan pengendaliannya makin mantap. Di samping itu, juga untuk memantapkan status eksklusifnya. Kehebatannya baru bisa dirasakan tahun depan,” celoteh Sales and Marketing Manager Kawasaki Motors UK Michael Johnstone.

Bisa dimaklumi, semua produsen mengaku produknya paling hebat!
Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2010/09/16/0911121/Kawasaki.Perkenalkan.Z750R..


Ninja 400R dari Kawasaki

Untuk melangkapi produk line-upnya dan sekaligus mengisi gap antara mesin 250cc dan 600cc, Kawasaki akhirnya meluncurkan Ninja baru 400R. Meski untuk sementara, sepeda motor jenis sport ini buat pasar domestik Jepang.

Dari segi tampilan, 400R punya ciri desain fairing dan grafis baru. Termasuk desain sokbreker tunggal (monoshock) yang berada di sisi kanan dan diklaim membuat pengendara lebih nyaman saat berkendaraan dengan kecepatan tinggi.

Kondisi itu didukung, selain desain sokbreker tadi, juga performa mesin berkapasitas 399 cc 8-Katup DOHC Parallel Twin dengan sistem injeksi yang berpendingin cairan. Dapur pacu ini diklaim cukup galak di putaran bawah sampai menengah.

Motor sport ini punya sistem pengabutan pendek (knalpot) berada di bagian bawah mesin dan tersembunyi di fairing. Teknologinya menggunakan katalisator tiga jalur sehingga memenuhi standar emisi di Jepang yang ketat.

Selain itu, velg dengan bahan alumunium membuat bobot sepeda motor lebih ringan. Untuk panel instrumen, Kawasaki memberikan layar LCD yang memiliki banyak fungsi seperti speedometer dan tachometer yang digital, indikator bensin, jam, dan odometer.

Belum ada informasi berapa harga jual satu unit Ninja 400R di Jepang. Mungkin, dalam waktu dekat akan ada berita lanjutan dari pihak prinsipal.

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2010/08/11/09194992/Nih..Ninja.400R.Baru.dari.Kawasaki


SUPER TANK BUATAN RUSIA

Boleh saja Soviet terpecah belah sekarang. Perekonomiannya bisa saja porak poranda oleh ulah barat. Namun ganjalan tadi tak bakal bisa menghentikan mantan negara beruang merah berkreasi soal tank.
 Setelah kabut misteri kedigdayaan tank Rusia hilang begitu Perang dingin usia, kini kaum kamerad menciptakan teka teki baru. Teka teki itu adalah kemunculan Main Battle Tank anyar. Tak tanggung-tanggung, ada dua tipe sekaligus yang dilansir. Mereka adalah Uralgonzavod T-95 dan program Omsk Chiorny Oriol (Black Eagle).

Namanya juga barang gress. Jadi logis saja bila detil teknisnya masih terbatas. Dari kedua tipe yang disebutkan tadi, predikat pionir digondol Black Eagle. Pertama kali dipergoki khalayak ramai pada tahun 1997, ia sudah bikin heboh banyak orang. Penyebabnya adalah bagian kubah yang demikian ramping itu di tutupi selimut kamuflase. Jelas langkah ini membuat penasaran kalangan intel barat.

Beruntung ada sedikit petunjuk yang diberikan. Desain anyar kubah serta bodi Black Eagle dibuat untuk menyokong kanon generasi terbaru Rusia. Tak main-main, nantinya ia akan menyusun meriam berukuran 152 mm. Artinya jauh lebih dahsyat ketimbang tank-tank asal barat yang rata-rata meriamnya masih bermain di kelas 120 mm.

Masih belum cukup, hanya berselang selama tiga tahun, lagi-lagi Rusia meluncurkan prototype MBT barunya yaitu T-95 terobosan yang di terapkan juga sama heboh dengan Black Eagle. Kubah pada varian terakhir keluarga besar T tadi dibuat tak berawak (unmanned) artinya seluruh kinerja kubah yang mengadopsi kanon kaliber 135 mm ini dilakukan secara otomatis

Tak kalah menariknya seluruh awak ditempatkan pada satu lokasi di bagian bawah lambung tank. Bagian ini sekaligus juga berfungsi sebagai kapsul penyelamat. Wah-wah, bukan main. Apakah semua ini pertanda era misteri kesaktian tank-tank asal Rusia bakal mencuat kembali..? kita tunggu saja i Rusia dalam menginovasi tank-tank tempurnya. 


Sumber : http://djajoelie.blogspot.com/2010/01/oleh-saja-soviet-terpecah-belah.html


9 Jenis Peluru Kendali Yang Pernah di Ciptakan

Peluru kendali (Rudal), peluru berpandu atau misil adalah senjata roket militer yang bisa dikendalikan atau memiliki sistem pengendali otomatis untuk mencari target atau menyesuaikan arah. Dalam penggunaan sehari-hari, istilah "missile" merujuk kepada roket dengan sistem kendali, sedangkan "roket" digunakan untuk roket tanpa sistem kendali. Perbedaan utama di antara dianggap sangat sedikit selain perbedaan sistem kendali.

1. Peluru Kendali Balistik
Peluru kendali balistik adalah peluru kendali yang memakai lintasan trayektori yang ditentukan oleh balistik dalam sistem pengirimannya. Peluru kendali ini hanya dikendalikan dalam masa peluncuran saja. Peluru kendali balistik yang pertama adalah roket V-2 yang dikembangkan oleh Nazi Jerman pada 1930-an dan 1940-an atas instruksi dari Walter Dornberger. Peluru kendali balistik dapat diluncurkan dari lokasi tetap seperti silo misil, kendaraan peluncur, pesawat, kapal atau kapal selam. Tahap peluncuran dapat berlangsung dari puluhan detik sampai beberapa menit dan dapat terdiri sampai dengan tiga tingkat roket. Trayektori rudal balistik terdiri dari tiga tahap yaitu tahap peluncuran, tahap terbang bebas dan fase memasuki kembali atmosfir Bumi.


2. Peluru kendali jelajah
Peluru kendali jelajah adalah peluru kendali yang memakai sayap dan menggunakan jet sebagai tenaga penggerak. Peluru kendali jelajah intinya adalah bom terbang. Peluru kendali jelajah dirancang untuk membawa hulu ledak konvensional dalam jumlah besar atau nuklir dan dapat menjangkau ratusan mil dengan tingkat akurasi tinggi. Peluru kendali jelajah modern dapat terbang mencapai kecepatan supersonik atau di atas subsonik, menggunakan sistem kendali otomatis dan terbang pada ketinggian rendah untuk menghindari radar. Rudal jelajah pertama yang dikembangkan adalah Kettering Bug yang dikembangkan oleh Amerika Serikat pada 1917 untuk digunakan dalam Perang Dunia I. Rudal ini terbang lurus untuk waktu yang telah ditentukan sebelumnya kemudian sayapnya akan dilepaskan untuk kemudian badan rudal yang mengandung hulu ledak jatuh menghujam tanah. Rudal ini tidak pernah digunakan dalam perang karena Perang Dunia I selesai sebelum rudal ini dapat digunakan. Rudal jenis ini yang terkenal antara lain adalah BGM-109 Tomahawk AS yang dapat mencapai jangkauan 1.100 km.


3. Peluru kendali anti-kapal
Peluru kendali anti-kapal adalah rudal yang fungsi utamanya adalah untuk menghancurkan kapal permukaan. Kebanyakan rudal anti-kapal menggunakan sistem pemandu inersial dan pelacak radar aktif. Rudal anti-kapal adalah salah satu dari sekian rudal jarak pendek yang digunakan dalam Perang Dunia II. Jerman menggunakannya untuk menenggalamkan banyak kapal sekutu sebelum pihak sekutu menemukan cara untuk mengatasinya (prinsipnya dengan radio jamming). Rudal anti-kapal dapat diluncurkan dari kapal, kapal selam, pesawat, helikopter dan kendaraan darat. Rudal anti-kapal yang terkenal dalam sejarah adalah rudal Jerman, Fritz X dan Henschel Hs 293.

4. Peluru kendali darat ke udara
Peluru kendali darat ke udara adalah peluru kendali yang diluncurkan dari darat untuk menghancurkan pesawat. Istilah terkenal untuk rudal jenis ini adalah SAM yang merupakan singkatan dari rudal darat ke udara dalam bahasa Inggris yaitu suface-to-air missile. Rudal darat ke udara dapat diluncurkan dari lokasi tetap atau kendaraan peluncur. SAM terkecil yang dikembangkan oleh Uni Soviet dapat dibawa dan diluncurkan oleh seorang tentara. SAM juga dapat diluncurkan dari kapal, contoh dari jenis ini adalah Aegis.

5. Peluru kendali udara ke udara
Peluru kendali udara ke udara adalah rudal yang dipasang di pesawat terbang dengan target menghancurkan pesawat musuh. Rudal udara ke udara yang terkenal antara lain adalah AIM-9 Sidewinder buatan Amerika Serikat. Rudal jenis ini dapat mendeteksi target dengan menggunakan pelacak radar, inframerah atau laser. Rudal udara ke udara umumnya berbentuk panjang, silinder tipis untuk mengurangi efek gesekan pada kecepatan tinggi. Rudal ini umumnya digerakkan oleh satu atau lebih roket berbahan bakar padat atau cair. MBDA Meteor buatan Britania Raya menggunakan ramjet dan dapat mencapai kecepatan Mach 4.

6. Peluru kendali anti-tank
Peluru kendali anti-tank adalah rudal yang fungsi utamanya untuk menghancurkan tank atau kendaraan lapis baja lainnya. Rudal anti-tank generasi pertama seperti AG-3 Sagger dikendalikan dengan menggunakan joystick. Rudal anti-tank generasi kedua seperti BGM-71 TOW dan AGM-114 Hellfire menggunakan radio, penanda laser atau kamera di ujung rudal. Rudal anti-tank generasi ketiga seperti FGM-148 Javelin buatan AS dan Nag buatan India adalah dari jenis "tembak dan lupakan". Nag menggunakan pelacak inframerah serta gelombang milimeter.

7. Peluru kendali anti-balistik
Peluru kendali anti-balistik adalah peluru kendali dengan fungsi utama untuk menyergap dan menghancurkan peluru kendali balistik lawan. Rudal anti-balistik jarak pendek antara lain Arrow buatan Israel dan MIM-104 Patriot buatan AS. Sedangkan rudal anti-balistik yang dirancang untuk melawan ICBM sebelumnya hanya ada dua yaitu Safeguard AS yang menggunakan LIM-49A Spartan dan Sprint serta A-35 Rusia. A-35 kemudian dikembangkan menjadi A-135 yang menggunakan Gorgon dan Gazelle. Amerika Serikat kemudian mengembangkan Ground-Based Midcourse Defense.

8. Peluru kendali anti-satelit
Peluru kendali anti-satelit adalah rudal yang memiliki fungsi untuk menghancurkan satelit buatan musuh. Rudal jenis ini antara lain adalah Anti-satellite weapons (ASAT) yang diluncurkan dari pesawat. Rudal jenis ini relatif masih dalam tahap pengembangan.

9. Torpedo
Torpedo adalah proyektil berpenggerak sendiri yang diluncurkan dari atas permukaan atau di bawah permukaan air yang kemudian meluncur di bawah permukaan air, dirancang untuk meledak pada kontak atau jarak tertentu dengan target. Torpedo dapat diluncurkan dari kapal, kapal selam, helikopter, pesawat dan ranjau laut. Beberapa contoh torpedo modern antara lain MK 48 AS yang diluncurkan dari tabung torpedo kapal selam dan menggunakan sonar pasif atau aktif, serta VA-111 Shkval buatan Rusia yang menggunakan efek superkavitasi dapat mencapai kecepatan 200 knot atau 370 km/jam.

Sumber: http://unikboss.blogspot.com/2010/10/9-jenis-peluru-kendali-yang-pernah-di.html


Tambahan Senjata untuk Sukhoi dan F-16 di tahun 2010

Rudal pesawat Su-30 (photo : Britmodeller)

TNI AU Tambah Alutsista Senilai 90 Juta Dolar
Yogyakarta, (ANTARA News) - TNI AU akan menambah alat utama sistem persenjataan (alutsista) berupa senjata dan amunisi udara senilai 90 juta dolar AS untuk sejumlah pesawat tempur seperti F-16 dan Sukhoi pada 2010.

"Kami akan mendatangkan senjata dan amunisi udara besar itu dari AS dan Rusia," kata Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Imam Sufaat di Gedung Sabang Merauke, Kompleks Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, usai membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AU dan Apel Komandan Satuan (Dansat) 2010, untuk pembelian amunisi dari AS dialokasikan dana sebesar 36 juta dolar AS, sedangkan dari Rusia dianggarkan 54 juta dolar AS.

"Kami membeli senjata dan amunisi dari dua negara tersebut karena TNI AU saat ini memiliki pesawat tempur buatan AS dan Rusia. Langkah itu ditempuh karena senjata dan amunisi buatan negara Barat dan Timur itu berbeda spesifikasinya," katanya.

Ia mengatakan, untuk penambahan senjata dan amunisi udara tersebut ada alokasi dana yang disisihkan dari anggaran 2010, dan TNI AU telah mengajukan anggaran yang dibutuhkan untuk pembelian alutsista itu kepada Menteri Pertahanan dan Markas Besar (Mabes) TNI.

"Dalam rencana strategis (renstra) pembangunan TNI AU 2010-2014 telah direncanakan untuk menambah dan mengganti alutsista yang telah tua dan tidak layak pakai. Upaya itu untuk mendukung kelancaran tugas operasional TNI AU, karena saat ini alutsista yang dimiliki masih kurang," katanya.

Terkait dengan jumlah personel, KSAU mengatakan, saat ini total personel TNI AU berjumlah 37.000 orang yang terdiri atas 31.000 personel militer dan 6.000 pegawai negeri sipil (PNS).

Jumlah personel tersebut mencukupi untuk melaksanakan tugas TNI AU sehingga belum ada rencana menambah personel dalam waktu dekat.

Menurut dia, jumlah personel akan ditambah jika alutsista bertambah, karena pengembangan organisasi diikuti oleh pengembangan orang.

"Misalnya, jika ada penambahan radar, akan menambah 60 personel untuk mengoperasikannya. Jika ada skuadron tempur baru akan menambah 150 personel," katanya.

Berdasarkan kesiapan alutsista pada 2010, rencana kebutuhan jam terbang sebanyak 55.252 jam yang digunakan untuk mendukung kesiagaan penanggulangan bencana, memenuhi kebutuhan latihan awak pesawat, operasi, pendidikan, dan kegiatan lain. Untuk radar membutuhkan jam operasional sebanyak 18 jam per hari, katanya.(*)


Upacara Hari Jadi Sulsel Dipimpin Sjamsu Alam


Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Jadi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Kota Parepare dipimpin oleh Wakil Wali Kota Parepare H Sjamsu Alam di Lapangan Upacara Kantor Wali Kota Parepare, Selasa (19/10). Pejabat Muspida Kota Parepare dan seluruh pejabat lingkup Pemerintah Kota Parepare juga hadir pada upacara tersebut.


Sementara itu, Wali Kota Parepare H Mohammad Zain Katoe bersama gubernur dan kepala-kepala daerah lainnya mengikuti upacara serupa di Makassar. Pada saat yang sama pula Presiden Republik Indonesia Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung ke Makassar dan membuka pertemuan gubernur se-Indonesia di Hotel Clarion, Makassar.

Sjamsu Alam membacakan pidato seragam gubernur dalam rangka peringatan Hari Jadi Sulsel yang ke-341 tersebut. Sebelum membacakan pidato seragam tersebut, dibacakan pula sejarah awal berdirinya Sulsel oleh perangkat upacara lainnya.

Melalui peringatan hari jadi Sulsel ke-341 tahun 2010 ini, diharapkan kepada segenap lapisan masyarakat Sulsel pada umumnya dan masyarakat Kota Parepare pada khususnya untuk menjadikan peringatan ini sebagai momentum untuk mewariskan nilai-nilai budaya peradaban masa lalu untuk menjadi kebanggaan dan mempertegas komitmen geografis, kultural, historis serta pengelolaan pemerintahan di Sulsel.

Berdasarkan tema yang diusung pada tahun ini yakni, Transformasi Peradaban Sulawesi Selatan yang Lebih Maju dan Berkualitas, maka diharapkan pula bahwa nilai-nilai solidaritas, persatuan dan kesatuan dapat diimplementasikan secara terus menerus dengan konsisten dalam melanjutkan pembangunan di segala bidang guna membawa Kota Parepare menggapai hari esok yang lebih baik.

Sumber : http://www.pareparekota.go.id


Crutchlow gets first taste of Yamaha YZR-M1 MotoGP in Japan


 Pembalap Inggris menjadikan jalan-jalan utama di M1 sebagai debut awalnya  bagi tim Monster Yamaha Tech 3 tahun depan, di trek Fukuroi minggu ini.


Setelah membungkus 2010 Superbike World Championship dua minggu lalu, berakhir 'rookie of the year” Cal Crutchlow mengakhiri seasonnya dengan Tim  Yamaha Sterilgarda World Superbike dan mulai persiapan untuk berpindah ke MotoGP pada tahun 2011 mendatang.

Dengan hanya istirahat beberapa hari, Cal mulai persiapan dan mencoba motor barunya Yamaha YZR-M1 di trek uji Yamaha di Fukuroi, Jepang. Meskipun kondisi cuaca dicampur dengan trek yang  lembab atau basah, Crutchlow tetap  memiliki kesempatan untuk mencoba M1 dengan memakai ban Bridgestone tipe basah, membuat semua orang kagum dengan kecepatannya di atas jalur uji basah. Bintang Yamaha juga mencoba mengendarai M1.

M1 merasa jauh lebih kecil daripada Superbike Yamaha R1 saya, "kata Cal Crutchlow. "Saya benar-benar menemukan posisi yang lebih nyaman dibandingkan mesin WSB. Lebih bertenaga tetapi sangat  sangat berguna, rasanya sangat berbeda dengan mesin produksi berdasarkan dalam hal pengirimannya. Dalam kondisi basah kami menggunakan steel brakes normal tetapi ketika mulai kering aku punya kesempatan untuk mencoba yang karbon yang dingin, saya berhasil mendapatkan kenyamanan dengan mereka ".

"Saya menemukan sasis sangat kaku, itu benar-benar mudah untuk mengubah arah dan elektronik benar-benar berbeda, bahkan lebih maju daripada yang biasa saya gunakan dalam Superbike! Sayangnya kondisi cuaca tidak mendukung untuk dapat menunjukkan potensi terbaik saya. Saya sangat menanti untuk tes Valencia jadi saya dapat menunjukkan yang terbaik dari apa yang saya miliki.”

Sementara di Jepang, Crutchlow juga mengambil waktu untuk mengunjungi kantor pusat The Yamaha Motor dan Plaza Komunikasi di Shizuoka dimana ia memiliki kesempatan untuk melihat secara dekat beberapa mesin Yamaha bersejarah dan ikon dari masa lalu dan kini.

Tes Valencia akan
dimulai November 9 dan 10. Untuk 2011, Crutchlow akan memulai debutnya di MotoGP World Championship bersama dengan Team Yamaha Monster Tech3, bersama dengan rekan setimnya Colin Edwars.

Sumber : Translate from http://www.motogp.com



Peugeot Hadirkan Sedan Terbaru


 JAKARTA- Peugeot merencanakan peluncuran sebuah sedan terbaru yang akan menggunakan nama 508.

Produsen mobil asal Perancis itu telah mengeluarkan sebuah spesifikasi rinci tentang berbagai model mesin yang menggantikan dua mobil dalam range Peugeot, yakni 407 dan 607, dan akan dipasarkan di Eropa sejak awal 2011.

Mobil ini akan menggukaan platform yang sama yang menjadi dasar darimodel Citroën C5, dan C6. 508 akan ditawarkan dengan berbagai pilihan mesin bensin dan mesin diesel.

Mesin bensin yang tersedia yaitu VTI 1.6 liter dengan tenaga120HP yang dihubungkan dengan gearbox 6 speed manual yang dikontrol secara elektronik, dan 1.6 liter THP turbo yang menghasilkan tenaga sebesar 156HP dengan gearbox manual 6-speed atau transmisi otomatis 6-speed.

Selain itu ada enam pilihan mesin diesel, salah satunya adalah 1.6 liter e- HDi model dengan transmisi manual 6-speed yang dikontrol secara elektronik yang bertenaga 112HP.

Setahun setelah peluncuran komersial 508, pada 2012 Peugeot akan memperkenalkan versi diesel listrik hybrid yang menggunakan teknologi yang sama dengan crossover Hybrid4 3008 yang baru-baru ini diumumkan.

Versi 2012 ini akan menggunakan mesin diesel 2.0-liter turbo-PSA Peugeot Citroën Group dengan motor listrik penggerak roda belakang, yang menawarkan potensi gabungan output sebanyak 200 tenaga kuda dan memiliki 4-wheel drive. Peugeot mengatakan bahwa model ini hanya akan menghasilkan emisi sebesar 99g/km CO2. 
Sumber : http://autos.okezone.com/read/2010/09/08/52/371343/52/peugeot-hadirkan-sedan-terbaru
 


Enam Jenis Mobil GM di Tahun 2011

 Dengan makin meningkatnya persaingan penjualan mobil sekarang ini, untuk mendongkrak penjualan pada tahun 2012, pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors (GM) menyiapkan sedikitnya enam jenis mobil di tahun 2011.

"Ini untuk mencapai target lima besar pada 2012," kata Kiki Fajar, Public Relation and Corporate Communications Manager PT GM Autoworld Indonesia, di Denpasar, Kamis (25/06).

Keenam jenis mobil tersebut, yaitu :
1. Chevrolet Colorado kabin ganda, 



2. mobil multi purpose vehicle (MPV) Orlando, 

3. Aveo WTTC, 

4. Sport utility vehicle (SUV) Captiva, 

5. Cruze Diesel, 

6. MPV PM7 yang akan diproduksi di Indonesia.


Dengan peluncuran produk-produk baru tersebut, GM berharap penjualan mobil akan meningkat menjadi 3.000 unit per bulan. Selanjutnya, GM berhasrat menjadi lima besar produsen kendaraan roda empat di Tanah Air.

Kiki mengatakan, total penjualan produk mobil GM per bulan saat ini baru mencapai 300 unit. Dan, dengan adanya All New Chevrolet Spark, penjualan diharapkan meningkat menjadi 500 unit per bulan.

Sebelumnya, Marketing Director GM Autoword Indonesia, Mukiat Sutikno mengatakan, penjualan pada 2010 hingga Mei sudah hampir 2.000 unit. Menurut dia, penjualan mobil pada tiga bulan pertama 2010 telah melebihi 1.000 unit. Sedangkan, tiga bulan selanjutnya penjualan hampir mencapai angka 1.000 unit.

Dengan adanya anggota baru dalam jajaran Chevrolet di Indonesia, yakni All New Chevrolet Spark, Mukiat optimistis, target penjualan 4.000 unit pada 2010 akan tercapai. "Angka 4.000 itu saya rasa realistis. Tidak perlu terlalu memaksakan diri juga," katanya.

Manakah yang akan menjadi pilihan anda ????
Sumber : http://www.jakartacitydirectory.com dan gambar google


Tank, Panser, dan Peperangan Pada Masa Kini

Setelah Perang Dunia II berakhir, kekuatan angkatan udara menjadi sangat penting dalam menentukan laju suatu peperangan. Degan di temukannya berbagai pesawat untuk keperluan militer, maka berbagai operasi militer dapat dilaksanakan melalui udara. Sebagai contoh operasi penerjunan, pemboman obyek vital musuh, penyerangan sasaran darat dengan presisi (surgical strike), hingga penyerangan terhadap pesawat musuh. Nah sekarang pertannyaanya, dengan perkembangan teknologi dirgantara yang semakin pesat apakah kita sekarang tidak membutuhkan kekuatan darat sama sekali ?

Untuk membahas masalah tersebut kita dapat melihat beberapa operasi militer yang telah terjadi, salah satu Contohnya adalah pada Operation Gothic Serpent Pada tahun 1993. Operation Gothic Serpent lebih di kenal sebagai pertempuran Moghadisu, operasi militer ini kemudian di jadikan film oleh Hollywood dengan judul “Black Hawk Down”.

Tujuan utama dari Operation Gothic Serpent adalah menangkap seorang pemimpin milisi yang bernama Mohammad Farah Aidid, karena dianggap bertanggung jawab atas kejahatan terhadap kemanusian pada perang saudara di Somalia. Dalam Operasi tersebut direncanakan bahwa Mohammad Farah Adid akan ditangkap pada saat melakukan rapat bersama para petinggi kelompok milisinya. Pada Operasi militer tersebut direncanakan bahwa pasukan Delta force akan diterjunkan melalui helikopter, menangkap tersangka, kemudian tersangka akan dibawa menggunakan konvoi kendaraan militer ringan oleh Pasukan Ranger.

Pada saat pelaksanaan operasi militer tersebut, terjadi insiden. Dua helikopter yang bertugas menerjunakan pasukan tertembak jatuh oleh senjata peluncur roket anti tank RPG, yang ditembakan dari dari darat. Hasilnya operasi menjadi kacau, karena selain harus mengangkut tawanan yg telah ditangkap, pada saat yang bersamaan mereka juga harus menyelamatkan awak helikopter yang tertembak jatuh. Pada saat konvoi kendaran militer ringan mencoba menyelamatkan awak helikopter yang tertembak jatuh, mereka menghadapi serangan balasan dari kelompok milisi Somalia, akibatnya konvoi militer tersebut mengalami kerusakan yang begitu parah sehingga tidak dapat meneruskan perjalanan untuk menyelamatkan rekan-rekan mereka yang di tembak jatuh. Operasi penyelamatan baru dapat dilakukan keesokan harinya dengan meminta bantuan kendaraan lapis baja milik battalion Malaysia dan Pakistan.

Dari hal tersebut dapat kita lihat, walaupun pada perkembangan di masa sekarang kekuatan udara telah memegan peran yang sangat penting dalam menjalankan suatu operasi militer, namun bukan berarti kekuatan darat telah kehilangan perannya. Terutama pada operasi militer yang bertujuan untuk melakukan penyelamatan terhadap pasukan kawan yang terjebak di wilayah lawan.

Contoh operasi militer lainnya yang menunjukan bahwa kekuatan darat masih memegang peran yang peting dalam operasi militer adalah pada saat konflik Ossetia selatan di tahun 2008.

Pada konflik tersebut, dalam menghadapi pasukan Georgia, Angkatan bersenjata Russia mengerahkan pesawat pembom dalam rangka melakukan operasi militer untuk menghancurkan sasaran-sasaran yang bersifat strategis. Namun untuk menguasai kembali kota Tskhinvali, dan mengusir tentara Geogia dari wilayah Ossetia, Russia mengerahkan Tank-tank tempur utamanya seperti T-55, T-62, T-72B, dan T-72BM.

Pada Konflik tersebut dapat kita lihat, walau Pesawat Pembom Russia dapat dengan cepat melakukan serangan presisi terhadap sasaran strategis milik Georgia, namun tetap dibutuhkan pasukan lapis baja untuk menguasai kota-kota dan mengusir pasukan Georgia dari Wilyah Ossetia.

Bagaimana Dengan Indonesia ?

Kondisi geografis Indonesia sebagian besar terdiri dari laut. Untuk melindungi wilayah kita tentu menjadikan pembangunan kekutan matra laut dan udara menjadi prioritas. Hal tersebut sesungguhnya telah terjawab melalui beberapa proyek yang dilakukan oleh BUMNIS. Contohnya seperti produksi kapal perang FPB-57 oleh PT.PAL, atau kerjasama antara PT.DI dan Korea untuk memproduksi pesawat latih tempur T-50 atau F/A-50. Tetapi disisi lain kita kita juga tidak boleh mengesampingkan pengembangan kekuatan darat kita.

Hal tersebut dikarenakan karena doktrin pengelaran kekuatan kita menganut doktrin light infantry. Dengan dianutnya doktrin tersebut, maka pemukul utama kita jika terjadi serangan adalah prajurit bersenjata jinjing yang dapat bergerak cepat. Selain itu ancaman yang dihadapi oleh Negara ini adalah berasal dari adanya gerakan sparatis dan gerakan teroris, yang biasanya beroperasi pada wilayah-wilayah yang rawan konflik, sehingga dibutuhkan kendaraan darat yang dapat memberikan bantuan tembakan di darat, mengirimkan pasukan ke garis depan ataupun untuk melakukan patrol di darat.

Dengan adanya fakta-fakta tersebut tentu angkatan bersenjata kita tetap membutuhkan kendaraan lapis baja bersenjata seperti tank (contohnya sperti MBT T-90S, Leopard II), kendaraan tempur infantri (contohnya seperti BMP-3F, Wiesel 2), dan kendaraan angkut personel lapis baja (Contohnya Btr-80, VAB).

Dalam hal ini setidaknya kita sudah dapat cukup berbangga dengan kemampuan BUMNIS kita dalam memenuhi kenbutuhan tersebut. Dalam hal ini adalah PT Pindad yang telah memproduksi panser buatan dalam negeri untuk kebutuhan Tentara Nasional Indonesia, yakni salah satunya adalah APS 6×6 Anoa.

APS 6×6 Anoa dapat memberikan perlindungan pada penumpangnya dari serangan peluru senjata ringan, ditenagai mesin 320 hp dari Renault, dan dapat dipersenjatai dengan senjata mesin berat caliber 12,7 mm hingga peluncur granat automatis caliber 40 mm. Dengan demikian Pasenr Anoa sangat ideal untuk keperluan bus tempur hingga memberikan bantuan tembakan pasukan di darat.

Oleh karena itu tidak heran, beberapa Negara di luar Indonesia tertarik untuk turut mengoperasikan Anoa, sebut saja Oman yang ingin mengakuisisi lebih dari 100 unit Anoa, Banglades untuk keperluan angkatan bersenjatanya, bahkan Malaysia untuk melengkapi pasukan penjaga perdamaiannya di Libanon.

Untuk perencanaan kedepan, tentu teknologi pada panser Anoa harus dikembangkan, dan diproduksi lebih canggih lagi, karena selain dapat meningkatkan kemampuan angakatan bersenjata kita, hal tersebut juga dapat memungkinkan produk BUMNIS bersaing pada pasar internasional. Oleh karena itu dukungan pemerintah terhadap BUMNIS tentu saja dibutuhkan, dan tentu saja bentuk dukungan itu haruslah dalam bentuk langkah kongkrit, bukan slogan semata.

Sumber: http://politik.kompasiana.com/2010/04/05/tank-panser-dan-peperangan-pada-masa-kini/


Kehancuran Kota Hiroshima dan Nagasaki pada PD II


Enola Gay ialah nama pesawat pengebom yang pada Perang Dunia II menjatuhkan bom atom, bernama Little Boy ("Bocah Kecil") terhadap kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus dan Fat Man ("Orang Gemuk") terhadap kota Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945 di Kekaisaran Jepang. Pengeboman itu merenggut nyawa sekitar 80.000 jiwa manusia di Hiroshima dan 140.000 di Nagasaki.

Pesawat ini berjenis B-29 Superfortress dengan nomor seri B-2945-MO 44-86292 dan secara khusus dipilih oleh Kolonel Paul Tibbets saat dibuat di ladang milik Glenn L. Martin Company di Omaha, Nebraska. Sejak tahun 2003 sampai sekarang, Enola Fay dipamerkan di Steven F. Udvar-Hazy Center.

Pesawat ini diberi nama menurut ibu pilotnya Paul W. Tibbets.

 Little Boy
Little Boy adalah sebuah kode nama yang diberikan kepada senjata nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang pada hari Senin, 6 Agustus 1945. Dia dijatuhkan dari sebuah pesawat B-29 Flying Superfortress bernama Enola Gay yang dipiloti oleh Letkol. Paul W. Tibbets, dari sekitar ketinggian 9.450 m (31.000 kaki). Senjata ini meledak pada 8.15 pagi (waktu Jepang) ketika dia mencapai ketinggian 550 meter.

Little Boy merupakan senjata nuklir pertama dari dua yang pernah digunakan dalam perang.

Mk I "Little Boy" memiliki panjang 3 m, lebar 71 cm, dan berat 4000 kg. Rancangannya menggunakan aturan pistol untuk meledakan sub-massa kritikal uranium-235 dan tiga U-235 ring target bersamaan untuk menjadi super-massa kritikal, mengawali reaksi berantai nuklir. Dia terdiri dari 60 kg U-235, di mana 0,7 kg mengalami reaksi fissi. Uranium diperkaya di pabrik raksasa di Oak Ridge, Tennessee selama Proyek Manhattan.

Ledakan "Little Boy" menghasilkan 13 kiloton TNT, yaitu 5,5×1013 joule = 55 TJ (terajoule).

8:17 pagi, 6 Agustus 1945, waktu Jepang. Jam ini terhenti ketika bom nuklir "Little Boy" diledakan di Hiroshima, Jepang, dekat penghujung PDII.

Sekitar 70.000 orang meninggal sebagai akibat langsung dari ledakan. Korban berikutnya yang juga sangat banyak meninggal akibat jejatuhan nuklir dan kanker. Ibu yang sedang hamil kehilangan anaknya, atau mereka lahir dengan cacat. Pakaian terbakar ke dalam kulit.
Little Boy
Fat Man

Fat Man adalah nama kode dari bom nuklir yang dijatuhkan Amerika Serikat di Nagasaki, Jepang pada 9 Agustus 1945. Pada saat itu Fat Man merupakan bom nuklir kedua yang digunakan dalam perang serta merupakan ledakan nuklir buatan manusia yang ketiga.

 Fat Man

Pesawat Boeing B-29
Boeing B-29 Superfortress adalah pesawat pengebom berat dengan 4 mesin yang digunakan oleh United States Army Air Forces dalam Perang Dunia II, dan oleh militer di negara lain setelah itu. Nama "Superfortress" berasal dari model pendahulunya B-17 Flying Fortress.

B-29 Boeing Model 345 adalah salah satu pesawat terbesar yang berdinas selama PD II. Pesawat ini merupakan pesawat pengebom paling canggih pada masanya. Pesawat ini digunakan dalam pengeboman atas Kekaisaran Jepang dalam bulan terakhir PD II, Enola Gay membawa bom atom yang dijatuhkan dan menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki. B-29 tetap berdinas lama setelah perang selesai. Dari saat purna tugasnya pada tahun 1960-an, sekitar 3.900 pesawat telah dibangun.
Boeing B-29
Pilot Paul Wafrield Tibbets
Paul Warfield Tibbets, Jr. (Quincy, Illinois, Amerika Serikat, 23 Februari 1915–Columbus, Ohio, 1 November 2007) adalah seorang perwira AS yang terkenal sebagai pilot Enola Gay, pesawat yang menjatuhkan bom atom ("Little Boy") di atas kota Hiroshima di Jepang pada tanggal 6 Agustus 1945, pertama kalinya penjatuhan bom atom menimbulkan kematian massal warga sipil. Bom yang dijatuhkan Tibbets menewaskan 140.000 orang Jepang dengan seketika. Pesawat tempur Enola Gay mendapatkan namanya dari ibu Paul Tibbets. Setelah perang, Tibbets naik pangkat di US Air Force dari kolonel ke brigadir pada tahun 1959. Paul Tibbets pensiun dari kedudukan itu pada tanggal 31 Agustus 1966. Ia tak pernah menyesalkan pengeboman Hiroshima, dan mengatakan bahwa bila terjadi keadaan yang sama ia akan mengulanginya.


Setelah kematiannya mayatnya dikremasikan dan dimakamkan di tanah tak bernisan. Ia memastikan bahwa kuburannya takkan pernah bisa menjadi tempat peziarahan bagi penentang penggunaan senjata nuklir

Paul Wafrield Tibbets 


(Sumber : http://www.kaskus.us)


Jumat, 22 Oktober 2010

ALAT PENGANGKAT (CRANE)

Alat pengangkat yang biasa digunakan didalam proyek konstruksi adalah crane. Cara kerja crane adalah dengan mengangkat material yang akan dipindahkan, memindahkan secara horizontal, kemudian menurunkan material ditempat yang diinginkan. Beberapa tipe crane yang umum dipakai adalah:

1. Crane Beroda Crawler


Tipe ini mempunyai bagian atas yang dapat bergerak 360. dengan roda crawler maka crane tipe ini dapat bergerak didalam lokasi proyek saat melakukan pekerjaannya. Pada saat crane akan digunakan diproyek lain maka crane diangkut dengan menggunakan lowbed trailer. Pengangkutan ini dilakukan dengan membongkar boom menjadi beberapa bagian untuk mempermudah pelaksanaan pengangkutan.





2. Truck Crane
 
Crane jenis ini dapat berpindah tempat dari satu proyek ke proyek lainnya tanpa bantuan dari alat pengangkutan. Akan tetapi bagian dari crane tetap harus dibongkar untuk mempermudah perpindahan. Seperti halnya crawler crane, truck crane ini dapat berputar 360 derajat. untuk menjaga keseimbangan alat, truck crane memiliki kaki. Di dalam pengoperasiannya kaki tersebut harus dipasangkan dan roda diangkat dari tanah sehingga keselamatan pengoperasian dengan boom yang panjang akan terjaga.

3. Crane untuk Lokasi Terbatas
Crane tipe ini diletakan di atas dua buah as tempat kedua as ban bergerak secara simultan. Dengan kelebihan ini maka crane jenis ini dapat bergerak dengan leluasa. Alat penggerak crane jenis ini adalah roda yang sangat besar yang dapat meningkatkan kemampuan alat dalam bergerak dilapangan dan dapat bergerak di jalan raya dengan kecepatan maksimum 30 mph. Letak ruang operator crane biasanya pada bagian-bagian deck yang dapat berputar.

4. Tower Crane
  Tower crane merupakan alat yang digunakan untuk mengangkat material secara vertical dan horizontal kesuatu tempat yang tinggi pada ruang gerak yang terbatas. Tipe crane ini dibagi berdasarkan cara crane tersebut berdiri yaitu crane yang dapat berdiri bebas (free standing crane), crane diatas rel (rail mounted crane), crane yang ditambatkan pada bangunan (tied-in tower crane) dan crane panjat (climbing crane).

a. Bagian Crane
Bagian dari crane adalah mast atau tiang utama,, jib dan counter jib, counterweight, trolley dan tie ropes. Mast merupakan tiang vertical yang berdiri di atas base atau dasar. Jib merupakan tiang horizontal yang panjangnya ditentukan berdasarkan jangkauan yang diinginkan.

b. Kriterian pemilihan Tower Crane
Pemilihan tower crane sebagai alat untuk memindahkan material didasarkan pada kondisi lapangan yang tidak luas, ketinggian yang tidak terjangkau oleh alat lain. Dan tidak dibutuhkanya pergerakan alat. Pemilihan jenis tower crane yang akan dipakai harus mempertimbangkan situasi proyek, bentuk struktur bangunan, kemudahan operasiaonal baik pada saat pemasangan maupun pada saat pembongkaran.

Sedangkan pemilihan kapasitas tower crane berdasarkan berat, dimensi, dan daya jangkau pada beban terberat, ketinggian maksimum alat, perakitan alat diproyek, berat alat yang harus ditahan oleh strukturnya, ruang yang tersedia untuk alat, luas area yang harus dijangkau alat dan kecepatan alat untuk memindahkan material.

c. Kapasitas Tower Crane
Kapasitas tower crane tergantung beberapa factor. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa jika material yang diangkut oleh crane melebihi kapasitasnya maka akan terjadi jungkir. Oleh karena itu, berat material yang diangkut sebaiknya sebagai berikut :

1). Untuk mesin beroda crawler adalah 75% dari kapasitas alat
2). Untuk mesin beroda ban karet adalah 85% dari kapasitas alat
3). Untuk mesin yang memilliki kaki adalah 85% dari kapasitas alat
Factor luar yang harus diperhatikan dalam menentukan kapasitas alat adalah
1). Kekuatan angina terhadapa alat
2). Ayunan beban pada saat dipindahkan
3). Kecepatan pemindahan material
4). Pengereman mesin dalam pergerakannya


Sumber : Buku referensi


Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More