Rabu, 01 Desember 2010

Tahukah Anda Seberapa Banyak Air di Bumi?



Headline

Jika Bumi seukuran bola basket, maka semua airnya bisa ditampung ke dalam bola ping pong. Lalu seberapa banyak jika dalam skala sesungguhnya?

Menurut studi baru US Geological Survey (USGS), air yang terdapat di Bumi hampir berjumlah 326 juta mil kubik (1.332 miliar kilometer kubik). Hampir 72% Bumi ditutupi air, namun 97% air itu adalah air asin (laut), dan tak cocok untuk diminum.

“Ada sangat banyak air di Bumi,” kata David Gallo, oceanographer di Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) di Massachusetts. Lautan menciptakan lapisan air yang meluas di 15 ribu mil (24 ribu km) permukaan planet, dan rata-rata memiliki kedalaman lebih dari dua mil (3,2 km).

Jika semua air di dunia dituangkan ke Amerika Serikat (AS), akan tercipta danau berkedalaman 90 mil (145 km). Gallo mengatakan tampilan air dapat menipu seperti kebanyakan air, seperti dikutip dari lifeslittlemysteries. Jika Bumi adalah apel, lapisan air akan lebih tipis dari kulitnya, kata Gallo.

Berikut cara air tawar menyebar di Bumi. 70% air tawar terkunci dalam es, kurang dari 1% air tawar dunia bisa digunakan. Ada 6 negara (Brazil, Rusia, Canada, Indonesia, China, dan Colombia) yang memiliki 50% cadangan air tawar dunia. Sementara sepertiga populasi dunia hidup di negara ‘tekanan air,’ berdasarkan perbandingan konsumsi air dengan ketersediaan air. Negara dengan label moderat mengonsumsi 20% lebih banyak air dari suplai yang tersedia.

Masih terdapat banyak air tawar di dalam tanah dibandingkan cairan yang terbentuk di permukaan. 

Sumber : Discovery


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More