Selasa, 14 Desember 2010

Blue Jeans untuk Panel Surya


Tahukah anda bahwa Celana jeans yang sering kita pakai adalah bukan hanya sekedar untuk fashion lagi??

Para peneliti di Cornell University telah menemukan cara untuk menggunakan molekul yang biasanya ditemukan di jean pewarna biru untuk membuat kerangka kerja, organik fleksibel dimana peneliti berharap untuk menerjemahkannya ke sel-sel surya lebih baik.


sel surya saat ini sebagian besar terbuat dari silikon, tetapi mereka bisa menjadi berat, tidak fleksibel dan tidak efisien.


Para peneliti mengorganisasikan molekul pewarna ke dalam "kerangka kovalen organik," atau COF, bahan terikat yang sangat ringan, berpori dan kuat.


Pendekatan ini membutuhkan waktu untuk molekul yang tepat untuk "tumbuh."


"" Seluruh sistem selalu membentuk struktur yang salah di samping yang benar, tapi struktur yang benar adalah yang paling stabil, sehingga akhirnya, struktur lebih sempurna berakhir mendominasi, "kata William Dichtel, asisten profesor kimia dan kimia biologi di Cornell, ScienceBlog.


Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Nature Kimia.


Proses ini menggunakan sebuah katalis asam untuk menyusun ulang molekul-molekul menjadi lembaran dua dimensi. Lembaran itu kemudian ditumpuk di atas satu sama lain untuk membuat jalur kerangka crosshatched untuk melakukan muatan listrik.


Para ilmuwan menggunakan phthalosianin, sebuah molekul digunakan untuk membuat pewarna biru dan hijau dalam plastik dan jeans.


Struktur dengan sendirinya bukanlah sebuah sel surya, tetapi merupakan model yang secara signifikan akan memperluas lingkup materi yang dapat digunakan dalam COFs, Dichtel kata ScienceBlog.


Langkah selanjutnya adalah untuk mulai menguji cara untuk mengisi kerangka crosshatched dengan molekul organik lain yang dapat menyebabkan bahan, fleksibel ringan untuk sel surya.

Sumber : Translate from Discovery Channel


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More