Minggu, 31 Oktober 2010

Rusia Dan Vietnam Akan Bangun Reaktor Nuklir

 
Moskow - Rusia dan Vietnam akan merampungkan persetujuan antarpemerintahan untuk membangun reaktor tenaga nuklir pertama di Vietnam, kata pembantu presiden Rusia, Sergei Prikhodko, pada Jumat (29/10).Presiden Rusia, Dmitry Medvedev, akan tiba di Vietnam pada Sabtu. 
 
"Kedua negara akan menandatangani perjanjian antarpemerintahan mengenai kerja sama membangun reaktor tenaga nuklir di Hanoi pada 31 Oktober," katanya.Selain itu, kedua negara akan merampungkan satu perjanjian mengenai kerja sama untuk menjamin keamanan nuklir bagi tujuan damai. 

"Rusia memiliki beberapa keuntungan dibandingkan negara-negara lain (dalam konstruksi reaktor nuklir)," ujar satu sumber di Kremlin. "Kami menyadari dengan baik regulasi teknis Vietnam, kami beradaptasi dengan tren lain khususnya industri pembangkit listrik tenaga air." 

Kremlin tidak memprediksi akan menemui kesulitan-kesulitan besar dalam pembangunan satu reaktor. Konstruksinya diperkirakan akan memakan waktu 3-5 tahun. Rusia akan mempertimbangkan pemberian kredit untuk pembangunan reaktor itu atas dasar ketentuan yang disepakati bersama.

Akankah Indonesia juga akan mengikuti jejak negara Vietnam melihat kondisi negara kita yang sekarang ini lagi defisit listrik yang bisa dikatakan cukup memprihatinkan.....???


2 komentar:

Deeprhezy mengatakan...

Kenapa indonesia jg gak dirikan reaktor nuklir yach...

Manusia Biasa mengatakan...

Dari apa yg sy baca, Indonesia katanya belum memiliki SDM yg cukup berbobot tuk pengontrolan nantinya.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More