Jumat, 10 Desember 2010

MEMBACA SECARA EFISIEN


Sumber Gambar
Apakah Anda kesulitan menyelesaikan membaca 500 halaman novel yang harus segera Anda buat resensinya? Atau Anda termasuk yang sangat sulit memhamai sebuah penjelasan pendek dari sebuah buku teks? Apakah Anda sering membaca satu paragraf tulisan tapi tak pernah paham apa isinya?

Jika jawabannya Anda 'ya' atas beberapa pertanyaan di atas, maka jelas Anda perlu jurus baru untuk membuat waktu membaca Anda menjadi bermanfaat. Singkatnya, Anda perlu belajar lebih banyak bagaiman mengembangan ketrampilan membaca secara efisien.

Membaca secara efisien, bukan sekadar membaca cepat. Tujuan membaca yang efisien adalah untuk memahami apa yang dibaca dan belajar dari sana, tanpa harus membuang waktu sia-sia. Jadi kecepatan hanya merupakan salah satu bagian dari membaca secara efisien.

Untuk meningkatkan efisiensi Anda saat membaca, pertama Anda harus memastikan bahwa Anda tak persoalan dengan visi, Anda duduk dengan nyaman dan punya lampu baca yang cukup terang. Sedang soal ketenangan suasana, bukan masalah yang esensial. Meski begitu, Anda harus yakin bahwa dengan suasana seperti itupun Anda akan bisa berkonsentrasi.

Singkatnya, hindarkanlah segala sesuatu yang mungkin membuat acara membaca Anda terganggu. Untuk masalah yang satu ini memang setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang dapat membaca dengan nyaman meskipun ia berada di tengah-tengah area bermain anak-anak dan ada yang sebaliknya.

Anda harus meyakinkan diri Anda bahwa Anda mampu membaca berbagai material dengan kecepatan yang berbeda-beda dan semua bisa Anda lakukan secara efisien. Memang bila Anda, misalnya, membaca buku biologi tentu akan lebih lambat ketimbang Anda membaca novel. Tapi percayalah, ada banyak cara yang biasa membuat kecepatan Anda membaca buku yang memerlukan pemahaman konseptual secara cepat dan efisien.

Beberapa teknik sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan efisiensi dari waktu membaca Anda. Pertama adalah biasakannya membaca tanpa bersuara. Anda hanya perlu menggerakan mata mengikuti kata dan kalimat dalam buku yang Anda baca. Kebiasan buruk yang kerap muncul dalam membaca adalah, kita seringkali tak bisa menghindari untuk membaca kembali baris atau kata yang sudah kita lewati. Maklum, kadang kita merasa tak mengerti apa yang barus saja kita baca sehingga harus mengulangnya. Padahal, hal seperti itu tak mesti perlu, karena tanpa sadar, kebiasaan itu menjadikan cara membaca kita tak efisien.

Jadi cara terbaik untuk mengurangi kebiasaan buruk itu adalah dengan mencoba menghindari sebisa mungkin mengulangi membaca kalimat atau baris kata yang sudah kita baca sebelumnya. Pada awalnya, mungkin kita perlu mengurangi kecepatan membaca, agar tak perlu mengulangnya lagi. Setelah itu secara bertahap kecepatan itu ditingkatkan.

Cara lain yang bisa membantu Anda mempercepat kemampuan membaca sekaligus memahami isi sebuah buku yang Anda baca adalah dengan tidak melewatkan untuk lebih dulu membaca bagian pengantar buku. Meski secara serba singkat, halaman ini akan membuat Anda memahami secara garis besar apa sesungguhya yang diceritakan dalam buku itu. Ini akan membuat Anda memiliki sedikit pemahaman sebelum Anda membaca isi buku secara rinci. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi merasa ada yang tak mengerti ketika Anda melewati satu atau dua kata isi buku yang Anda baca. Selamat mencoba. 


Sumber : (Koran Tempo 030202)


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Menarik

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More