Kamis, 09 Desember 2010

PIRANTI PENGUKUR GETARAN


Berbagai merek peralatan pengukur getaran tersedia namun sebaiknya kita pahami dulu jenis dan sifat peralatan tersebut .
Alat yang paling populer adalah pengukur kecepatan getaran , kemudian disusul oleh alat pengukur percepatan getaran dan spesifikasi getaran yang lain . penempatan sensor peralatan tersebut harus tepat berada pada lokasi yang akan di ukur sebab ketidak tepatan pada pada penempatan sensor peralatan tersebut harus tepat berada pada lokasi yang akan di ukur sebab ketidak tepatan dalam penempatan sensor ini bisa mengakibatkan penyimpangan pada data yang dihasilkan.
Peralatan monitoring getaran ada yang portabel sehingga bisa dibawa kelokasi-lokasi yang memerlukan , ada pula yang sifatnya tetap berada pada mesin yang di monitor  (bersifat permanen ).
Melalui sesi ini kita akan membahas peralatan monitoring getaran tersebut.
Piranti yang digunakan untuk mengukur getaran terdiri dari :
2.1. Alat pengukur kecepatan  (velocity pick-up )
2.2. Alat pengukur  ekselerasi  (accelerometer )
2.3. Alat pengukur tampa kontak (noncontact pick-up)
Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu sebagai mana diuraikan di bawah ini :
2.1. Alat pengukur kecepatan  (velocity pick – up)
Pada umumnya peralatan ini memanfaatkan pegas dan prinsip elektromaknit . terdiri dari kumparan yang dipegang pegas , dikelilingi oleh maknit permanen yang menempel pada rumah pengukur kecepatan. bila rumah pengukur kecepatan bergerak oleh getaran mesin, maknit akan bergetar bolak-balik melewati kumparan yang berada dalam posisi diam. akibatnya fluk maknit yang dipotong oleh kumparan menimbulkan tegangan listrik yang besarnya sebanding dengan kecepatan getaran.


Biasanya daerah kecepatan piranti ini bekisar pada 600 s/d 60.000cpm. dengan demikian untuk pengukuran diluar daerah ini biasanya melibatkan suatu faktor koreksi. karena autput tinggi dan karakter desain lainnya, piranti ini relatif kurang sensitif sehingga umumnya dipakai pada penggunaan yang sifatnya kasar.  Namun demikian piranti ini juga memiliki kelebihan yaitu tidak memerlukan banyak perhatian . sekalipun didesain untuk mengukur kecepatan getaran, tetapi bila dilengkapi dengan instrumen yang memiliki kemampuan integrasi, piranti ini bisa dipakai untuk mengukur perpindahan getaran.
2.2 Alat Pengukur Akselerasi
Prinsip kerja piranti ini memiliki cara kerja yang berbeda dengan alat pengukur kecepatan. terdiri dari kristal piozoelectric yang ditempatkan diantara rumah pengukur dengan suatu massa. kekuatan komprensi terhadap kristal piezoelectric akan membangkitkan muatan yang sebanding.dengan demikian pada saat dihubungkan dengan getaran mesin terjadi tekanan pada kristal yang dilakukan oleh massa sehingga terjadi keluaran tegangan listrik . daerah prekuensi piranti ini 120s/d600.000 cpm. untuk diluar nilai frekuensi diperlukan unit spesial.

 


Selain dipakai untuk mengukur ekselerasi getaran, piranti ini juga mampu untuk mengukur kecepatan dan pemindahan apabila dilengkapi dengan instrumen yang memiliki kemampuan integrasi dan integrasi ganda.
2.3 Alat Ukur Nonkontak
Piranti inipun mempunyai cara kerja yang berbeda dengan kedua macam piranti yang telah dibahas sebelumya. suatu kumparan berkawat halus ditempatkan pada ujung piranti yang akan membangkitkan medan magnit apabila arus listrik bolak-balik berfrekuensi sangat tinggi dikenakan padanya. bila kumparan berada didekat permukaan penghantar seperti misalnya poros, medan magnit menimbulkan arus eddy pada poros yang bertindak selaku tahanan listrik tambahan pada sirkuit kumparan. pada saat poros bergetar, keluaran tegangan bervariasi sesuai dengan amplitudo perpindahan pada getaran poros. dengan demikian piranti ini mampu mendeteksi celah diantara piranti dengan poros, dan amplitudo perpindahan getaran bila velocity-pick-up dan accelerometermengukur nilai gerakan absolut , lain halnya dengan piranti non kontak didesain untuk mengukur gerakan relatif diantara poros dan bantalan . Memiliki daerah frekuensi 0 s/d 60.000 cpm, perpindahan poros akan lebih kecil pada prekuensi tinggi, sekalipun mesin-mesin kasar , dan daerah frekuensi sebenarnya dibatasi antara o s/d 60.000cpm oleh resolusi amplitudo pada piranti non kontak.
 
2.4.Vibration –Meter
Ada sejumlah instrumen portabel yang berbeda satu sama yang lain untuk pengukuran getaran . Piranti dasar untuk keperluan pemeliharaan preventif berupa vibration- meter tangan yang mampu mengukur setiap perpindahan atau percepatan  (lihat gambar 6 ) Unit tersebut dipakai untuk mengetahui kondisi mekanis pada periode waktu tertentu, termasuk kelengkapan mikroposesor yang mampu mencatat informasi getaran. piranti inni memiliki layar LCD untuk membimbing operator agar memperoleh hasil pengukuran yang benar. Segala informasi tambahan bisa dimasukan kesitu sehingga pengukuran bisa berlangsung cepat dan mudah.

Operator cukup menempatkan piranti tersebut dengan benar dan memijit kunci “store” untuk mencatat informasi getaran.

2.5. Vibration-analyzer
Memang benar vibration – meter merupakan piranti yang tepat untuk memperoleh informasi kondisi mekanis pada suatu mesin. akan tetapi piranti ini tidak mampu menunjukan dengan tepat lokasi gangguan atau kerusakan . untuk itu diperlukan piranti lain yang dikenal dengan nama vibration analyzer.
 Tipe vibration – analyzer yang paling umum digunakan adalah  “tunable-filter”yang dilengkapi dengan pengukur getaran dan stoboscope, dan type terakhir analyzer dan balancer yang di lengkapi dengan key phasor atau trigger sensor. disini bisa diketahui parameter-parameter getaran berupa amplitudo, frekuensi, fasevbration-analyzer tipe “tunable filter” memiliki kemampuan untuk memilah berbagaigetaran dengan berbagai karakteristik  masing-masing berupa amplitudo frekuensi dan fase. hal ini sangat penting mengingat getaran yang terjadi pada mesin merupakan kombinasi dari beberapa getaran individual. pada pemakaian piranti ini operator tingal membaca ukuran amplitido dan frekuensi, dan melihat fase melalui stroboscop. bahkan piranti ini mampu menyajikan grafik amplitudo vs frekuensi.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More