Kamis, 28 Oktober 2010

Apa itu Vanos Apa itu Vanos

VANOS (Variable Nockenwellen Steuerung) adalah pergerakan Noken As yang variabel. Vanos di gunakan pada hampir semua mesin BMW produksi tahun 1993 keatas guna menambah efisiensi di ruang bakar pada segala putaran mesin. Sedangkan double vanos digunakan pada mesin BMW lansiran 2000 ke atas.


BMW 520i E39 Double Vanos, photo topspeed.com



Bagian Vanos pada mesin


Pada putaran rendah bukaan klep intake akan disesuaikan sehingga berbeda dengan bukaan klep pada saat putaran tinggi. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan ruang bakar sehingga BMW diharapkan dapat mengkonsumsi bensin yang lebih irit dari pendahulunya. Lalu dilanjutkan dengan double Vanos yaitu bukaan inlet dan outlet valve yang variabel untuk menambah efisiensi bahan bakar dan mengoptimalkan tenaga pada tiap putaran mesin.


bagian depan mesin yang dibuka

Vanos ini hampir serupa dengan i-VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) pada Honda atau VVT-I (Variable Valve Timing with Inteligence) pada Toyota, atau Valvetronic pada Audi yang semua nya bertujuan mengoptimalkan  pembakaran pada tiap putaran mesin.  Pada Valvetronic, audi mengoptimalkan pembakaran pada intake dan exhaust camshaft.


 



Sumber : http://www.ps8auto.com/


0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More