Rabu, 27 Oktober 2010

Sekilas mengenai AC mobil

Air Conditioner di mobil anda adalah salah satu hal paling penting dari kendaraan anda. AC tidak hidup maka anda terpaksa membuka kaca dan menghirup udara panas yang ada di kota tercinta Jakarta atau kota lainnya. Oleh karena itu kondisi AC anda harus selalu menjadi perhatian untuk menikmati nyaman nya berkendara di ibukota.
Tujuan dari tulisan ini adalah agar anda tidak terlalu awam tentang pendingin udara yang ada di kendaraan anda. Sehingga pada saat anda membawanya ke bengkel service AC, anda paham apa yang dilakukan oleh para teknisi dan menghargai kerja mereka.

pipa merah: gas freon dalam keadaan panas, Hijau dan biru: gas freon dingin
 Prinsip Kerja AC
  1. Kompresor menekan gas freon dengan tekanan tinggi sehingga gas menjadi panas dan bertekanan.
  2. Gas panas ini berjalan melalui satu set pipa (coils) dalam kondensor (menyerap panas) dan di dinginkan sehingga gas berkondensasi menjadi cair.
  3. Gas freon yang telah dingin ini kemudian berjalan melalu katup ekspansi untuk diturunkan tekanan nya dan berubah menjadi gas dingin.
  4. Gas freon dingin ini berjalan melalui satu set pipa (coils) dalam evaporator untuk menyerap panas dan mendinginkan udara dalam kendaraan. Freon dicampur dengan light weight oil agar dapat melumasi kompresor agar awet.
AC juga membantu menyaring udara dalam kendaraan karena dilengkapi juga dengan filter udara yang dapat menangkap debu, serbuk yang beterbangan bahkan jamur yang tidak baik untuk kesehatan.

Setelah kita mengetahui prinsip kerja AC secara sederhana, hal apa saja yang dapat kita lakukan agar AC dalam kendaraan kita tetap terjaga dan berfungsi dengan baik?
  1. Jagalah kebersihan interior ruangan dari debu, karena akan disedot oleh evaporator, sehingga dapat membuat bau tidak enak di kemudian hari apabila banyak jamur menempel di evaporator.
  2. Jangan merokok di dalam mobil karena nicotine dan tar di asap rokok akan menempel di evaporator sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.
  3. Melakukan pemeriksaan rutin (untuk mobil berusia 3 tahun keatas) pada ekstra fan di depan condensor, periksa apakah masih berfungsi dengan baik untuk mencegah rusaknya kompresor di kemudian hari.
  4. Lakukan perawatan rutin AC. Sangat disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon. Perawatan rutin di samping memperpanjang fungsi Componen AC menjadi lebih lama, juga akan membuat udara segar yang berembus selalu segar.
  5. Matikan AC sebelum mematikan mesin untuk mencegah pada saat menyalakan mesin dan ac secara bersamaan.

Sumber : http://www.ps8auto.com


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More