Kamis, 28 Oktober 2010

Oktan tinggi ≠ Tenaga Besar

Jadi, memang mobil sport memerlukan oktan tinggi, tapi bukan karena oktan tinggi memproduksi tenaga besar, tapi dikarenakan ruang bakar yang ada memerlukan bensin dengan oktan tinggi. Ada hubungan langsung antara rasio kompresi dengan angka oktan yang dibutuhkan, hubungannya antara lain:

Rasio Kompresi Oktan
5:1 72
6:1 81
7:1 87
8:1 92
9:1 96
10:1 100
11:1 104
12:1 108

Lalu apakah mobil Toyota Avanza anda yang memiliki rasio kompresi 10:1 menggunakan bensin pertamax? Tampaknya mereka banyak menggunakan premium dengan angka oktan 88, karena pabrikan menganjurkan demikian? Apakah hal tersebut mempengaruhi konsumsi bensin per km nya?

Dengan mengisi bensin dengan angka oktan dibawah dari yang dianjurkan dapat diatasi dengan kecerdasan mesin yang dapat mengatur timing dari pembakaran. Hal inilah yang menyebabkan mesin tidak bekerja optimal dari yang tertera di buku sehingga kendaraan lebih boros dan tidak bertenaga. Cobalah untuk mengisi dengan yang sesuai dengan rasio kompresi mobil anda…spontan anda akan tahu bedanya.

BHP dan Torque

Ada dua bilangan yang menunjukkan kekuatan dari mesin mobil anda yaitu bhp = brake horsepower dan Torque = torsi (momen puntir). Torque berbanding lurus dari kemampuan mobil berakselerasi dari keadaan diam. Semakin besar torque nya maka kendaraan tersebut dapat berakselerasi lebih cepat. Sedangkan bhp adalah kemampuan kendaraan mempertahankan kecepatannya.
Sebagai ilustrasi:

Ø  Torsi besar / Tenaga kecil = kencang dalam berakselerasi tapi tidak dapat lari kencang
Ø  Torsi kecil / Tenaga besar = akselerasi yang lamban tapi memiliki top speed yang kencang.

Tenaga Mesin dan Ketinggian

Sedikit catatan disini: dengan asumsi bahwa semua faktor memiliki besaran yang sama, baik oktan, filter, berat kendaraan yang sama, maka anda akan kehilangan 3% dari tenaga mesin anda untuk setiap perbedaan ketinggian 300 meter. Jadi pada saat anda di Puncak Pass dengan ketinggian 1880 meter dari atas laut maka tenaga mesin anda akan berkurang 18% dari tenaga semula. 

Sumber : http://www.ps8auto.com/


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More