Kamis, 28 Oktober 2010

Mesin V vs Inline

Mungkin anda bingung mana yang lebih baik antara mesin V dan mesin segaris atau inline. Kedua mesin tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan. Apa saja kelebihan nya dan apa saja kelemahan nya. Dalam tulisan ini akan saya tuangkan beberapa keunggulan dan kelemahan sehingga memudahkan anda untuk memilih mesin yang baik untuk kendaraan pilihan anda.

MENGAPA MESIN V DICIPTAKAN?

Mesin dengan konfigurasi V adalah mesin yang menggunakan dua baris silinder yang bersudut antara 60, 90 dan 120 (ada beberapa sudut lagi seperti 10,5 - 15 derajat pada VR6 dan lain-lain). Semua piston digerakkan oleh satu crankshaft dan menggunakan dua camshafts untuk menggerakkan katup-katup nya.

Mesin konfigurasi V yang paling efisien adalah mesin V6, lebih pendek dari mesin inline-4 dan disainnya lebih sempit dari mesin V8. Dan adalah jenis yang nomor dua paling umum digunakan setelah mesin inline-4. Berarti mesin inline-4 lebih sering digunakan, kenapa? karena mesin ini lebih murah dalam pembuatan, perawatan dan lebih efisien untuk kapasitas dibawah 2.500 cc.

V Engine pada BMW

Mesin V banyak digunakan pada kendaraan yang mengalami keterbatasan ruang dan membutuhkan tenaga besar, seperti yang digunakan pada Mercedes C240, S600, BMW 530i, dan lain-lain nya.

Mesin V banyak digunakan oleh kendaraan ukuran sedang (apalagi besar) dimana mereka masih menggunakan inline-4 atau inline-6 sebagai standar. Mesin V juga merupakan mesin dengan high performance karena tenaga dan torsi yang dihasilkan lebih besar dan tetap irit bahan bakar. Mesin V6 banyak digunakan untuk kendaraan dengan kapasitas mesin antara 2.5L sampai dengan 4.3L.

Mesin V6 pada W210 New Eyes

MENGAPA MESIN INLINE-4 atau INLINE-6 MASIH DIGUNAKAN?
Mesin inline adalah mesin dengan konfigurasi silinder sebaris yang murah dalam ongkos produksi nya dan terutama inline-6, memiliki getaran yang sangat halus dibandingkan dengan mesin lainnya. 

Mesin inline adalah mesin yang mahal diproduksi apabila melihat dari power to cost ratio atau tenaga berbanding dengan harga. Karena semakin besar kapasitasnya, mesin akan bertambah panjang sehingga membuat dimensi semakin besar dan membutuhkan ruang mesin yang lebih panjang juga.

Mesin Inline-6 pada W124

KELEBIHAN MESIN V
  1. Efisien dalam hal Power to Cost ratio (tenaga besar harga mobil murah)
  2. Efisien dalam hal Power to Space ratio (ruang mesin) 
  3. Lebih bertenaga dan torsi lebih besar
KELEMAHAN MESIN V
  1. Lebih mahal dalam hal perawatan karena lebih banyak benda yang bergerak
  2. Lebih kasar dari mesin inline-6

KELEBIHAN MESIN INLINE
  1. Murah dalam hal perawatan
  2. Lebih Halus

KELEMAHAN MESIN INLINE
  1. Lebih boros dalam bahan bakar (tidak signifikan menurut saya)
  2. Memerlukan tempat yang lebih besar di ruang mesin

Sumber : http://www.ps8auto.com/index.php?option=com_content&view=article&id=188:mesin-v-vs-inline&catid=11:seputar-otomotif&Itemid=24


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More