Kamis, 28 Oktober 2010

Apa yang anda ketahui tentang kaca film?

Kaca film di kendaraan berguna untuk mengurangi radiasi ultra violet, infra merah, dan panas masuk ke dalam mobil. Radiasi IM, UV dalam jangka waktu yang lama akan berbahaya untuk kesehatan kulit kita dan daya tahan interior kendaraan seperti dashboard, jok mobil dan lainnya
Ada beberapa istilah yang harus kita perhatikan antara lain
  1. Visible Ligth Transmission, yaitu kemampuan kaca film untuk meneruskan cahaya kedalam atau keluar mobil. Ini yang sering disebut dengan "kaca film nya berapa persen??". Tapi bilangan VLT terbalik dengan istilah yang sering anda dengar. 80% VLT berarti dapat meneruskan cahaya sebanyak 80%.
  2. Visible Light Absorbed, adalah prosentasi dari cahaya yang dapat diserap oleh kaca film tersebut
  3. Visible Light Reflected, adalah prosentasi dari cahaya yang dapat dipantulkan oleh kaca film tersebut. Atau istilahnya "mau kaca yang mantul gak?".
    sumber tintman.net

Ada beberapa area yang harus diperhatikan pada saat anda ingin memasang kaca film untuk mobil kesayangan anda antara lain:

  1. Memblokir panas. Dulu. untuk memblokir panas anda membutuhkan kaca film yang lebih gelap seperti 60% atau bahkan 80%. Tapi sekarang dengan teknologi kaca film yang telah berkembang anda dapat memasang kaca film dengan kegelapan 40% tapi dapat memblokir panas melebihi kaca film biasa dengan kegelapan 80%. Konsultasikan hal ini dengan dealer kaca film anda.

    Prosentasi VLT pada kaca film, semakin kecil nilainya semakin sedikit cahaya yang lewat


  2. Mengurangi Glare. Glare atau pantulan dari cahaya matahari yang mengenai kaca mobil anda dapat membuat silau sehingga mengurangi pandangan dan kewaspadaan anda menurun. Hal yang peling penting untuk hal ini adalah kaca bagian depan kendaraan. Pasanglah kaca film yang memang diperuntukkan kaca depan (windshield) kendaraan anda.
  3. Mengurangi resiko pencurian. Apabila anda termasuk orang yang meletakkan barang sembarangan di dalam mobil maka anda memerlukan kaca film yang dapat mengurangi resiko pencurian, Kaca film yang anda pilih adalah kaca film yang memiliki kegelapan 60% keatas, tapi sebagai kompensasi nya adalah anda memiliki daya pandang yang terbatas untuk mengemudi pada saat hujan dan di malam hari.
  4. Faktor keselamatan. Ada beberapa kaca film yang di disain untuk membuat kaca film mobil anda tidak tembus peluru, tidak dapat dipecahkan dengan mudah bahkan dengan kapak sekalipun, dan lain-lain tergantung dari merk kaca film tersebut. Tapi hal terpenting dari penggunaan kaca film ini adalah membuat kaca mobil anda tidak dapat pecah berantakan dan membahayakan penumpang di dalamnya.

  5. Signal Handphone. Kaca film yang jelek dapat merusak atau mengurangi sinyal handphone atau alat pemancar lainnya seperti GPS portable dan Handy Talkie. Jadi konsultasikan hal ini dengan dealer kaca film mobil anda.


Setelah kita mempertimbangkan beberapa hal diatas, baru kita dapat menentukan kaca film merek apa, dan dengan tingkat kegelapan apa yang kita butuhkan. Dari situlah baru kita menghampiri beberapa dealer kaca film yang ada.


Sumber : http://www.ps8auto.com


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More