Rabu, 20 Oktober 2010

1.500 Pembangkit listrik di Sulsel ditarget rampung 2010

MAKASSAR, kabarbisnis.com: Persiapan program Desa Mandiri Energi di empat daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) telah mencapai 45% dan ditargetkan rampung pada pertengahan 2010. Untuk pengerjaan secara fisik, kini masih dalam proses tender.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Sumber Daya Mineral Sulsel Gunawan Palaguna menyatakan untuk program Desa Mandiri Energi di empat kabupaten sebagai proyek percontohan yakni Kabupaten Gowa, Sidrap, Pinrang dan Luwu, akan disiapkan sebanyak 1.500 unit pembangkit tenaga listrik.


"Dana pembangunan pembangkit listrik tersebut bersumber dari dana APBN dan APBD Sulsel 2010 yang diswakelolakan ke pihak investor. Jadi, nanti masyarakat tinggal membayar biaya pemeliharaan ke pihak pengelola," kata Gunawan di Makassar, seperti dilansir laman Depkominfo, Senin (28/6/2010).


Desa yang mendapat bantuan pembangkit listrik itu diprioritaskan pada wilayah pesisir dan pegunungan yang tersebar di empat kabupaten.


Gunawan menyebutkan, empat kabupaten yang menjadi proyek percontohan untuk Program Desa Mandiri Energi itu, juga akan menerima mesin produksi komoditas untuk menunjang kegiatan mandiri ekonomi bagi masyarakat setempat.


Hal itu dimaksudkan untuk memaksimalkan pemanfaatan tenaga listrik pada siang hari. Program yang sama akan diterapkan di kabupaten lainnya, jika keempat kabupaten yang menjadi proyek percontohan itu berhasil.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More