Kamis, 21 Oktober 2010

Hujan memang tidak menyenangkan bagi pengendara sepeda motor

Cuaca hujan memang tidak menyenangkan bagi pengendara sepeda motor. Selain bisa mengganggu perjalanan, pengendara juga dituntut harus ektra hati-hati di saat kondisi turun hujan. Banyak hal yang haruskita perhatikan dalam mengendarai motor dalam keadaan hujan.

Untuk kendaraan sendiri ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, Daftar yang perlu diperhatikan kalo lagi berkendaraan saat hujan Jaga jarak dengan kendaraan di depan, pada keadaan jalanan basah otomatis jarak pengereman akan lebih panjang, maka kita harus mengatus jarak dengan kendaraan di depan lebih jauh lagi Salah pakai jaket hujan, gaswat! Kibasan pelindung badan berbentuk jubah, bikin motor oleng. Pilih yang ngepas badan dan berkelir ngejreng biar gampang terlihat pengendara lain. Hindari berkendara di atas cat pembatas jalur, hal ini untuk mengatisipasi kendaraan dari arah belakang. Helm full face pilihan pas saat hujan deras. Guyuran air bikin mata dan muka perih. Pilih juga kaca helm berkualitas yang nggak berkabut saat sampeyan nafas. Filter karbu wajib dipasang sempurna. Kalau air sampai menyusup dan masuk ruang bakar, akan terjadi water hammer, akibatnya piston bakal jebol. Periksa performa rem. Utama yang masih teromol, biasanya nggak menggigit kalau abis terendam air.

Antisipasinya, cukup injak pedal rem agak lama sembari motor jalan pelan. Teromol dan kampas akan panas
hingga air akan menguap. Sedikit kempiskan ban jangan terlalu kers dan ganti bas jika sudah gundul. Jangan panik jika sliding, kaki wajib tetap di pijakan supaya mudah mengontrol manuver motor. Jangan melawan gerakan motor, ikutin aje sambil beradaptasi. Jangan ngerem mendadak, hal ini sangat berbahaya karena kemungkinan ban selip menjadi lebih besar karena jalan menjadi licin. yang harus kita lakukan adalah melakukan pengereman secara konstan. Lepas gas perlahan, lakukan counter steering, ikuti ke mana arah roda depan sambil kaki tetap di pijakan.
(Sumber : http://www.jogjamedianet.com)





0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More