Kamis, 21 Oktober 2010

Nissan Health & Well-Being Concept

Dibandingkan dua dekade lalu, berkendara kini jauh lebih nyaman. Air Conditioning sudah jadi fitur standar, sistem suspensi jauh lebih baik, material interior lebih nyaman. Itu semua membuat perjalanan saat ini jauh lebih nyaman. Tapi tetap tidak bisa dipungkiri, perjalanan bermobil tetap melelahkan, apalagi untuk jarak jauh. Hal itu yang jadi perhatian Nissan dan mengembangkan pendekatan baru untuk membuat perjalanan tidak melelahkan.

Nissan memperkenalkannya sebagai "Health & Well-Being Concept". Dirancang untuk menciptakan lingkungan di dalam mobil yang nyaman dengan cara membangun koneksi lebih dalam dengan penumpang. Dalam pengembangan pendekatan ini, Nissan selalu berbasis pada studi-studi tentang tubuh manusia.

Konsep ini bertujuan mengurangi tingkat stress dan kelelahan pengemudi/penumpang, menawarkan kenyamanan yang dibutuhkan badan dan pikiran untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang optimal. 'Koneksi yang lebih dalam' berarti Nissan menyiapkan lingkungan thermal dan postur yang nyaman sehingga sirkulasi darah penumpang lebih baik, juga kualitas udara kabin.

Saat ini konsep ini didukung tiga teknologi baru yaitu: Comfortable Captain Seat, Advanced Climate Control System dan Quick Comfort Seat Heater. Seperti apa teknologi ini? mari kita simak penjelasan Nissan.

Comfortable Captain Seat


Ini adalah kursi yang menggabungkan tiga teknologi sekaligus: “seat cushion-integrated leg rest," "articulated seatback," dan "three-layered cushion pads." Menurut Nissan ini untuk pertamakalinya tiga teknologi itu dipakai bersama-sama. Kursi ini dilengkapi dengan peyangga kaki di rancang untuk membopong tubuh secara keseluruhan, membantu postur tubuh tetap rileks. Penyangga kakinya berukuran besar sehingga bisa meyangga kaki bagian bawah. Hal itu juga membantu menyebar berat badan menghindari kaki bengkak karena perjalanan jauh. Sandarannya di rancang untuk menjaga agar postur tubuh dalam kondisi paling rendah tingkat stress-nya yang ujung-ujungnya mengurangi kelelahan. Tiga lapis bantalannya bisa diatur sedemikian rupa untuk mendapatkan tingkat kenyamanan lebih tinggi.

Advanced Climate Control System


Sistem ini memungkinkan tiga alat canggih dikontrol dengan satu tombol, yaitu Plasmacluster Ions generator, pengontrol keluar masuk udara dan filter udara grape polyphenol. Yang terakhir itu untuk mengurangi pemicu alergi, dengan menggunakan filter yang mengandung bji anggur polyphenol. Sistem ini juga menggunakan Plasmacluster Ions konsentrasi tinggi yang membantu kulit tetap lembab alami. Juga mengurangi kandungan bakteri dan jamur di udara, melumpuhkan kutu dan mikroba penyebab alergi serta menghilangkan bau. Sistem ini menggunakan sensor gas konvensiolan dan juga mendeteksi beragam bau seperti yang muncul dari binatang atau kawasan industri, secara otomatis menghidupkan aliran ventilasi udara. Namun soal kelembaban alami kulit, Nissan buru-buru menegaskan bahwa itu bisa berbeda-beda tingkatnya, tergantung masing-masing individu dan kondisi pengoprasian alat.

Quick Comfort Seat Heater


Yang ini dirancang untuk memberikan kenyamanan optimal dan kemudahan kontrol kursi hangat. Dikembangkan berdasarkan studi-sturi tingkat sensitifitas suhu tubuh manusia yang diklaim Nissan pertama di dunia. Studi ini dikerjakan bersama Profesor Yutaka Tochihara dari Fakultas Disain Universitas Kyushu. Studi ini mengungkapkan bahwa efisiensi penghantaran panas dan sensasi kenyamanan sangat bervariasi tergantung bagian tubuh yang mana. Sistem ini bekerja dengan beberapa tingkatan. Yang pertama, dia menghangatkan area paha dan bokong. Bila sudah stabil, sistem mulai menghangatkan punggung bagian bawah. Pola ini memperpendek waktu untuk bagi seseorang untuk merasa hangat hingga 35% dibandingkan pola konvensional.

Menurut Nissan, teknologi-teknologi yang dikembangkannya itu tidak hanya membuat penumpang/pengemudi merasa lebih nyaman tapi juga memperbaiki sirkulasi darah yang ujung-ujungnya mengurangi kelelahan karena mengemudi. Saat ini Nissan terus menyempurnakan dan diperkirakan dalam dua-tiga tahun lagi sudah terpasang di banyak model-modelnya.

Sumber : mobilku.com


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More